Cara Memilih Software Akuntansi yang Tepat untuk Bisnis Anda

Cara Memilih Software Akuntansi yang Tepat untuk Bisnis Anda

Mungkin Anda berpikir untuk membeli software akuntansi untuk pertama kalinya. Atau, Anda akhirnya siap untuk beralih penyedia perangkat lunak. Pada titik tertentu, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana memilih perangkat lunak akuntansi. Ada begitu banyak pilihan di luar sana yang bahkan mengetahui di mana untuk memulai memilih perangkat lunak akuntansi yang tepat bisa terasa mustahil. Artikel ini akan membantu Anda mempelajari cara memilih software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda

Bagaimana memilih perangkat lunak akuntansi yang tepat untuk bisnis kecil Anda dapat membuat kepala Anda pusing. Perusahaan Anda memiliki kebutuhan khusus. Dan dengan begitu banyak fitur perangkat lunak, titik harga, jadwal komitmen (biaya satu kali atau berlangganan), dan yang lainnya, mungkin sulit untuk menjaga semuanya tetap lurus.

Untuk memilah-milah pilihan Anda, pertimbangkan lima tips berikut.

Grafik ini berjudul “5 hal utama yang perlu dipertimbangkan saat berbelanja perangkat lunak akuntansi”. Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah jenis perangkat lunak. Anda perlu memilih software akuntansi yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Jika Anda sedang bepergian, perangkat lunak berbasis cloud mungkin yang terbaik. Ini tersedia kapan dan di mana Anda membutuhkannya.

Tetapi jika Anda bekerja dari satu lokasi, perangkat lunak desktop mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah kurva pembelajaran perangkat lunak. Kecuali Anda seorang akuntan, seluk beluk software akuntansi mungkin tampak rumit.

Pastikan kurva belajar tidak terlalu curam. Cari perangkat lunak yang menyediakan sumber daya untuk membantu, seperti webinar, artikel bantuan, dan video. Hal ketiga yang perlu dipertimbangkan adalah jenis fitur apa yang harus Anda miliki dalam perangkat lunak yang baik. Buat daftar fitur yang Anda butuhkan, disusun dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting.

Anda akan tahu yang terbaik apa yang Anda bisa dan tidak bisa hidup tanpanya. Hal keempat yang perlu dipertimbangkan adalah biaya perangkat lunak. Bandingkan harga antara penyedia perangkat lunak akuntansi dan ketahui persis apa dan bagaimana Anda ditagih.

Beberapa perusahaan mengenakan biaya bulanan standar, sementara yang lain memiliki biaya di muka tunggal dengan biaya tambahan untuk layanan tambahan. Beberapa biaya tersembunyi mungkin termasuk penyiapan, dukungan pelanggan, dan penyimpanan cloud.

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan ketika memilih perangkat lunak akuntansi adalah dukungan pelanggan yang disertakan dengan perangkat lunak. Hubungi dukungan pelanggan dan bersiaplah untuk membuat catatan. Dukungan pelanggan yang baik harus mudah didapat, memiliki pengetahuan tentang perangkat lunak, dan yang terpenting senang, bersedia, dan mampu membantu Anda.

Pastikan jam dukungan pelanggan sesuai dengan jam Anda dan waktu tunggu rata-rata tidak terlalu lama.

1. Pilih Sesuai Budget

Sebelum Anda memulai, Anda harus mengetahui biaya perangkat lunak akuntansi bervariasi. Jumlahnya sering meningkat dengan jumlah fitur yang disediakan perangkat lunak. Ingin lebih banyak fitur? Anda mungkin harus mengeluarkan lebih banyak uang.

Penting untuk memahami bagaimana harga dibandingkan dengan fitur yang tersedia saat memilih perangkat lunak akuntansi. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah perangkat lunak yang terlalu mahal dengan banyak fitur yang tidak akan pernah Anda gunakan. Periksa dan lihat apakah perangkat lunak menawarkan uji coba gratis atau demo mandiri sebelum membeli. Jika ya, Anda akan mengetahui fitur perangkat lunak sebelum Anda berkomitmen.

Perhatikan bagaimana Anda dikenakan biaya untuk perangkat lunak. Perusahaan perangkat lunak sering memiliki metode berbeda untuk menagih pengguna. Beberapa aplikasi perangkat lunak dijual dengan biaya satu kali yang besar. Bergantung pada perangkat lunaknya, Anda mungkin harus membayar biaya tambahan untuk pembaruan saat pembaruan itu muncul. Jika ini masalahnya, Anda tidak akan dapat merencanakan sebelumnya untuk biaya baru. Jika pembaruan diperlukan, Anda harus membayarnya.

Program perangkat lunak lain bekerja dengan langganan bulanan atau tahunan. Mereka sering dijual dalam paket dengan struktur harga berjenjang yang memungkinkan Anda memilih dengan tepat apa yang Anda butuhkan. Jika Anda memilih perangkat lunak yang mengenakan biaya bulanan, ketahui persyaratannya sebelum berlangganan.

Pastikan Anda memahami kontrak Anda—apakah itu fleksibel atau berlapis besi? Jika Anda melanggar kontrak, Anda dapat dikenakan biaya.

Last but not least: hati-hati dengan biaya tersembunyi atau tambahan. Anda tidak ingin terkejut dengan biaya tambahan untuk membuat faktur, menjalankan laporan, menyediakan penyiapan, layanan pelanggan, dan penyimpanan data.

2. Yang Mudah Digunakan

Jika Anda seperti banyak pemilik usaha kecil, Anda memiliki pengetahuan yang mendalam di bidang spesifik Anda, bukan akuntansi. Anda tidak ingin menghabiskan minggu kerja Anda untuk mempelajari pembukuan.

Tentu, Anda mungkin secara teknis bukan pemegang buku, tetapi Anda bukan orang baru dalam pengelolaan uang. Anda telah mengelola keuangan Anda sejak pertama kali memperdebatkan apakah Anda harus merusak celengan Anda atau mengisinya lagi.

Dengan itu, perangkat lunak akuntansi hadir dengan semua jenis tingkat keterampilan yang berbeda dalam pikiran. Beberapa sederhana dan dibuat untuk nonakuntan. Lainnya lebih cocok untuk akuntan. Pada akhirnya, tidak masalah siapa Anda. Anda harus tahu

ok untuk perangkat lunak yang menawarkan sumber daya gratis dan dukungan pelanggan. Dengan begitu, jika Anda memang perlu mempelajari sesuatu yang baru, ada cara mudah untuk memastikan Anda memiliki informasi yang benar.

3. Tentukan Fitur

Hal yang baik tentang memiliki begitu banyak fitur untuk dipilih adalah Anda dapat menemukan perangkat lunak akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan Anda seperti sarung tangan.

Berikut adalah beberapa fitur umum yang mungkin Anda temui:

  • Buat dan lacak faktur
  • Bayar vendor
  • menyusun laporan keuangan
  • Memproses kartu kredit
  • Terintegrasi dengan rekening bank
  • Rekam sejarah pelanggan

Kita semua menyukai daftar periksa yang bagus. Untuk membantu mengatur pencarian Anda, buatlah daftar periksa semua fitur yang Anda butuhkan. Prioritaskan daftar dari fitur yang paling penting hingga yang paling sedikit.

Temukan solusi perangkat lunak yang mendukung kebutuhan saat ini dan kebutuhan masa depan. Temukan perangkat lunak yang dapat berkembang bersama bisnis Anda.

4. Fleksibilitas

Jika Anda menemukan diri Anda secara longgar mendefinisikan kata “kantor” untuk memasukkan kafe, lounge bandara, dan restoran favorit Anda, Anda mungkin ingin melihat ke perangkat lunak akuntansi berbasis cloud.

Perangkat lunak berbasis cloud menyimpan informasi secara online sehingga Anda dapat mengakses program di mana saja dengan perangkat apa pun yang terhubung ke internet. Ada banyak keuntungan di sini: Anda tidak terikat pada meja, dan Anda tidak perlu khawatir kehilangan informasi akuntansi jika komputer Anda mogok.

Jika Anda memilih perangkat lunak desktop, Anda harus mengetahui risikonya. Komputer tunggal itu dan hard drive-nya menjadi titik pusat dari minggu kerja Anda. Dan, perangkat lunak ini hanya tersedia untuk Anda jika komputer Anda dalam kondisi prima. Kecelakaan, kerusakan air, dan pemadaman listrik dapat mendatangkan malapetaka pada catatan akuntansi Anda.

5. Pastikan dukungan pelanggan yang berkualitas

Anda mungkin memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan untuk memahami perangkat lunak baru Anda. Dan ketika saatnya tiba, Anda akan membutuhkan tim pendukung yang dapat membantu dengan cepat dan mudah. Dukungan pelanggan berkualitas yang berpengetahuan dan mudah didapat akan menjadi kunci untuk beralih ke perangkat lunak baru.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu diingat ketika memikirkan tentang dukungan pelanggan:

Apakah dukungannya gratis, atau adakah biaya tambahan, bahkan biaya berulang?

Di zona waktu apa mereka? Pastikan Anda tidak kehilangan terlalu banyak waktu di antara zona waktu yang berbeda.
Apakah tim dukungan berpengalaman dan berpengetahuan tentang perangkat lunak dan kebutuhan Anda?
Apakah ada lebih dari satu cara untuk mendapatkan dukungan pelanggan (misalnya, telepon, email, obrolan online)?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini mudah. Hubungi tim dukungan pelanggan dan tanyakan saja kepada mereka. Siapkan pena atau pensil—Anda mungkin ingin membuat beberapa catatan. Anda akan dapat mengetahui dengan cepat apakah mereka adalah tim dukungan pelanggan yang tepat untuk Anda.

Tinggalkan komentar