Inilah 10 Cara Meningkatkan Motivasi Dan Mengelola Pikiran Untuk Meraih Kesuksesan Bisnis (1)

Inilah 10 Cara Meningkatkan Motivasi Dan Mengelola Pikiran Untuk Meraih Kesuksesan Bisnis (1)

Meningkatkan Motivasi Bisnis dan Mengelola Pikiran Untuk Meraih Kesuksesan Bisnis. Judul artikel ini sepintas tidak berhubungan dengan bisnis. Ini tidak benar. Justru untuk dapat memulai dan mengembangkan bisnis diperlukan motivasi yang sangat baik. Begitu pula soal mengelola otak alias brain management. Dulu, banyak orang mengira bisnis itu soal ekonomi dan matematika semata. Untuk dapat memulai bisnis harus punya ilmu ekonomi dan bisnis yang baik, serta bisa hitung-hitungan yang baik alias matematika. Ini pendapat yang sangat “otak kiri”.

Coba saja anda lihat, banyak orang belajar ekonomi dan bisnis, serta pintar akuntansi dan matematika, tidak berani memulai bisnis atau berani memulai bisnis namun tidak berhasil. Sebaliknya kita melihat orang-orang sukses bisnis dengan latar belakang pendidikan yang tidak ada hubungannya dengan ekonomi dan bisnis. Bahkan bukan hanya itu, tidak sedikit pebisnis sukses malah tidak pernah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Jadi apa dong? Ya, benar, soal psikologi justru sangat penting, lebih khusus lagi soal motivasi yang ada di dalam diri. Mereka yang sukses mengembangkan bisnis , sadar atau tidak, pasti memiliki kekuatan motivasi yang sangat baik. Mereka juga memiliki cara mengelola otak dengan sangat baik sehingga apapun masalah yang dialami, dapat dihadapi dengan positif. Ini adalah soal brain management.

Ok, kita mulai sekarang belajar motivasi dan brain management yang praktis dan dapat anda terapkan sekarang juga agar anda dapat meraih impian memiliki bisnis yang berkembang dan sukses.

 

  1. Musuh Utama Anda Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Mengelola Pikiran Untuk Meraih Kesuksesan Bisnis

Apakah musuh utama untuk memulai sebuah bisnis? Bukan terbatasnya modal, bukan analisa usaha yang tidak lengkap, bukan pula terbatasnya pengetahuan. Ingat bukan itu semua, melainkan PENUNDAAN. Ya musuh utamanya adalah PENUNDAAN.

Coba anda bayangkan. Ketika mengikuti seminar atau membaca buku bisnis atau melihat sahabat yang punya bisnis yang maju, anda langsung bersemangat ingin memiliki bisnis untuk masa depan. Segera dihitung berapa modalnya dan bagaimana cara memulainya. Namun apa yang terjadi beberapa hari kemudian? Anda mulai mendapatkan alasan untuk tidak segera bergerak. Umpamanya; modal masih kurang, ada pesaing yang lebih kuat, kesibukan yang makin padat, sulit cari karyawan, harga BBM akan naik, politik tidak stabil dan beribu alasan yang kedengaran logis untuk menunda.

Anda yang pernah menyusun rencana bisnis dan hingga sekarang belum juga terlaksana, simak baik-baik ebook pembelajaran ini. Camkan baik-baik bahwa penundaan yang anda lakukan merupakan kerugian yang sangat besar. Oh ya mungkin anda masih punya satu alasan yaitu melihat rekan anda sudah berbisnis dan bangkrut.

Hehehe ini momok yang menakutkan ya?

Tidak usaha khawatir. Sejatinya semua pebisnis yang hebat itu juga sudah merasakan “indahnya” kebangkrutan. Bedanya, mereka tidak berhenti pada kebangkrutan itu melainkan terus bergerak karena proses itu adalah landasan baru untuk naik ke level yang lebih baik.

Jadi anda sekarang paham satu hal yang sangat penting, yaitu JANGAN MENUNDA jika anda sudah memiliki rencana memulai bisnis. Ayo sekarang bergerak. Yakinkan  anda punya waktu dan dapat memulainya.

 

  1. Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Mengelola Pikiran Untuk Meraih Kesuksesan Bisnis

Jika saya mengatakan kata-kata “jangan menunda”, biasanya ada yang bertanya, “bagaimana cara memulainya?” Jawabannya sederhana saja; mulailah yang bisa anda lakukan sekarang. YA SEKARANG.

Kenapa harus sekarang? Karena tidak ada waktu yang paling bagus untuk memulai bisnis. Kalau anda merencanakan memulai bisnis bulan depan, maka tahukah anda bahwa bulan depan anda akan mudah untuk memunda pula.

Oke, anda boleh saja mengatakan bahwa hari ini belum siap. Hari ini masih sibuk. Yes, itu semua logis. Untuk itu anda harus memulainya dari yang anda bisa lakukan. Anda bisa melakukannya dengan membuka laptop dan masuk ke google. Pikirkan sejenak rencana bisnis anda dan ketik saja kiat sukses berbisnis…..(tergantung niat anda). Dari sini anda sudah bisa memulai.

Contoh kongkritnya, bila anda ingin sekali membuka bisnis kuliner, anda bingung memulainya, saran saya mulailah dengan kegiatan apa saja yang berhubungan dengan kuliner. Lihat televisi acara kuliner, lihat majalah atau koran yang membahas kuliner, cari buku kuliner. Jalan-jalan ke mall, masuklah ke foodcourt. Pendek kata mulailah segala kegiatan dan pikiran arahnya ke kuliner. Masuk ke internet, bukalah mesin pencari google atau yang lain dan ketiklah “bisnis kuliner”. Dengan cara ini pikiran anda menjadi aktif memikirkan peluang bisnis kuliner. Percayalah, berikutnya kalau anda konsisten memelihara motivasi anda, mimpi usaha kuliner akan menemukan jalan menjadi kenyataan.

 

  1. Ketakutan Anda Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Mengelola Pikiran Untuk Meraih Kesuksesan Bisnis

Salah satu penyebab anda menunda adalah ketakutan pada diri sendiri. Coba pilih salah satu yang anda alami; takut rugi, takut diketawain tetangga,takut bangkrut, takut tidak bisa mengurus, takut ditipu orang, takut capai.

Orang-orang yang berani bukanlah orang yang tidak memiliki rasa takut melainkan yang berani mencoba sesuatu yang awalnya terasa menakutkan. Bagaimana caranya? Jika takut ditipu, ubahlah pikiran anda bahwa orang tidak akan mudah menipu anda.

Percayalah, banyak hal di dunia ini yang terjadi karena pikiran anda sendiri. Contohnya Anang Sam pada waktu pertama kali mau mencoba usaha les Bahasa Inggris privat. Dia pasang iklan di sebuah tabloid. Setelah pasang iklan dia takut, jangan-jangan nanti yang mendaftar sebagai murid les bukan anak-anak melainkan orang yang dewasa. Apa yang dikhawatirkan itulah yang terjadi. Murid pertamanya seorang ibu rumah tangga. Untunglah ia menjadi siswa yang sangat loyal. Apa yang anda khawatirkan sangat mudah menjadi kenyataan. Keep positive!

 

  1. Bisnis Apa Yang Paling Bagus?

Ini pertanyaan yang paling sering saya dengar. Jawabannya ; BISNIS YANG PALING BAGUS ADALAH BISNIS YANG ANDA BUKA. Hehehe ini adalah jawaban paling tepat. Begini, kalau saya katakan bahwa bisnis yang paling bagus adalah bisnis rumah makan, apakah anda akan membukanya? Belum tentu, karena anda bisa saja tidak ingin buka bisnis rumah makan. Kalau saya katakan bahwa bisnis yang bagus sekarang ini adalah bisnis jual beli kendaraan, anda mungkin setuju tapi juga belum tentu akan mulai.

Apapun bisnisnya semuanya akan dapat bagus asal anda bisa memulainya. Ya, tentu saja anda harus pilih bisnis yang halal, prospeknya berkembang.

 

  1. Antara Meraih Dan Menghindari Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Mengelola Pikiran Untuk Meraih Kesuksesan Bisnis

Bila anda masih ragu juga untuk memulai bisnis, ada cara praktis untuk memulai bisnis,

yaitu dengan menciptakan dua hal penting yaitu:

  • Sesuatu membuat anda bersemangat untuk meraihnya. Misalnya rumah yang bagus, jalan-jalan keluar negeri, mobil mewah dan lain-lain
  • Sesuatu yang harus anda hindari, misalnya terjerat hutang, tidak dapat membiayai rumah sakit, tidak bisa menyekolahkan anak dan sebagainya.

Gabungan dari dua hal di atas akan sangat ampuh untuk mengambil keputusan “segera

saya lakukan sekarang”. Pikirkan baik-baik dua hal di atas. Dan segera lakukan langkah.

 

  1. Otak Kanan Yang Sangat Hebat Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Mengelola Pikiran Untuk Meraih Kesuksesan Bisnis

Kalau anda suka menganalisa sesuatu, jangan biarkan otak anda terus menerus menganalisa, karena otak anda tidak hanya untuk menganalisa. Otak analitis itu adalah otak kiri. Bagian kanan juga tidak kalah pentingnya, yaitu bagian yang berkreasi, memikir hal-hal yang di luar kebiasaan. Otak kanan inilah yang sangat powerfull karena dengan otak kananlah anda bisa mengendarai sepeda, sepeda motor, mobil, bisa berenang, terjun payung dan sebagainya.

Otak kiri sangat sulit memikirkan kenapa sepeda roda dua bisa berjalan tanpa jatuh. Dengan otak kanan yang berisi keberanian dan kreativitas mampu membuat roda dua bisa anda gunakan untuk berjalan dengan cepat tanpa jatuh. Ketika anda mengendarai mobil, anda diharuskan memposisikan roda yang sesuai dengan jalur jalan, anda harus menginjak pedal gas, rem, kopling dengan pas sesuai kebutuhan. Kalau anda analisa pakai otak kiri, sungguh akan sulit sekali. Tapi faktanya banyak orang yang tidak cerdas mampu menyetir mobil dengan lancar.

Kalau anda saat ini belum dapat menyetir mobil, sangat mungkin penyebabnya adalah karena otak kiri anda sangat dominan. Lepaskanlah otak kiri anda, dan mulailah anda bayangkan anda menyetir mobil dengan lancar. Lalu mulailah latihan menyetir mobil dengan melapaskan ketakutan dan otak yang menganalisa. Percayalah semuanya akan berjalan dengan lancar.

Oke, ini hubungannya dengan bisnis. Orang menyetir mobil membutuhkan kemampuan mengelola banyak hal dalam waktu bersamaan, yaitu tangan harus memegang kemudi, kaki menginjak gas, rem, kopling. Mata anda harus melihat jalan dan spion. Nah itu semua bisa dikerjakan tanpa membebani otak.

Dalam bisnis juga sama, kalau saat ini anda sangat sulit memulai bisnis, penyebabnya adalah otak kiri anda terlalu dominan memikirkan banyak hal. Begitu anda melepaskan otak analitis anda, anda akan mulai berani memulai bisnis. Anda akan berani mengambil resiko dan mampu mengelolanya dengan baik.

 

Meningkatkan Motivasi bisnis, Mengelola Pikiran, Meraih Kesuksesan Bisnis, ide bisnis rumahan, ide bisnis sampingan, ide usaha sampingan, strategi meraih sukses, cara meraih sukses, ide usaha rumahan, usaha bisnis sampingan, ukm, usaha kecil menengah, bisnis sampingan yang menghasilkan

 

© Copyright:  Bambang Suharno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose