Liputan Majalah TROBOS

media7

20 April 2013
Garap Perdagangan dan Olahan Produk Ikan

Kunci sukses di bisnis olahan ikan adalah terus melakukan inovasi produk

Berawal dari bisnis trading (dagang) ikan segar dan beku seperti ikan kakap, layur, dan bandeng, kini CV Bening Jati Anugrah kian mantap dengan bisnis produk olahan ikannya yang berbendera Bening Food. Beragam produk olahan ikan telah diciptakan dan 5 produk yang menjadi andalannya adalah keong mas, siomay, kaki naga, dan bakso.Kepada TROBOS Aqua di lokasi produksinya di Parung – Bogor, Manajer Produksi CV Bening Jati Anugrah, Kristiawan mengatakan, besarnya potensi pasar dan keinginan untuk menciptakan lapangan kerja adalah motor penggerak mereka untuk terjun ke bisnis produk olahan ikan. Dirintis sejak 2008, kini total pekerja yang dimiliki CV Bening Jati Anugrah untuk bisnis produk olahan ikannya adalah sebanyak 20 orang.Keputusan yang mereka ambil tak salah, dari omzet per bulan yang sekitar Rp 200 jutaan, bisnis produk olahan ikan Bening Food menyumbang pemasukan sekitar 70 %. Produk Bening Food ini sekitar 60 % dipasarkan ke hotel-hotel yang ada di Jadebotabek (Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi) dan Bandung. Lalu 10 % ke supermarket dan sisanya ke agen-agen dan katering-katering di seputaran Jadebotabek.

CV Bening Jati Anugrah tak main-main dalam hal kualitas. Segala perizinan dan sertifikasi terkait kualitas produk telah dan terus mereka lengkapi. Saat ini mereka telah mengantongi Sertifikat Kelayakan Produksi (SKP) yang memastikan peralatan dan proses produksi memenuhi konsep higienis dan sanitasi, serta sertifikat halal. Kini, mereka sedang dalam proses pengurusan SNI (Standar Nasional Indonesia) produk-produk olahannya dan pengurusan sertifikat MD (Makanan Dalam). ”Pokoknya kualitas produk kami berani diadu dan produk kami bebas pengawet,” ujar Kristiawan.

Dalam hal pasokan bahan baku berupa udang dan tetelan ikan kakap, diakui Kristiawan, mereka tak mengalami kesulitan. Sebab mereka memiliki banyak pemasok di berbagai tempat seperti di Muara Baru, Muara Angke, Tangerang, dan Surabaya. ”Jadi kami tidak bergantung pada 1 pemasok saja. Dan semua pemasok itu adalah ’tangan pertama’, sehingga sekitar 10 % – 15 % harganya lebih murah. Berbeda dengan dulu, kami mendapat dari ’tangan ke dua’ bahkan ’tangan ke tiga’,” ungkap pria jebolan Sekolah Tinggi Perikanan, Pasar Minggu ini.

Tak semua peralatan produksi yang dimiliki CV Bening Jati Anugrah dibeli sendiri. Karena pada 2009 mereka menggondol trofi juara 1 untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) pengolahan ikan tingkat nasional, mereka banyak mendapat bantuan alat-alat produksi dari dinas perikanan dan kelautan daerah dan pemerintah pusat. Tahun lalu, mereka mendapat bantuan mesin cetak naget, sosis dan bakso, dan mesin vakum dari Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Berinovasi
Kunci sukses di bisnis olahan ikan adalah terus melakukan inovasi produk. Belum lama ini, mereka baru meluncurkan 4 produk olahan baru, yaitu samosa udang, samosa sayur, tekian, dan siomay dumpling. Dalam pengolahannya, tidak ada perbedaan mendasar antara keempat produk baru ini dengan produk-produk lama. Yang membedakan hanya kreasi bentuk dan rasa.

Per buah, keempat produk baru ini dijual di kisaran Rp 1.000 – Rp 1.500. Dan per bulan, masing-masing produk baru ini telah diproduksi sebanyak 150 – 200 bungkus yang per bungkusnya isi 20 buah. ”Penjualan produk baru ini sudah cukup bagus. Per minggu sudah ada sekitar 2 kali pesanan. Dan pasar utamanya adalah hotel-hotel,” kata Kristiawan.

Inovasi tak hanya terbatas pada produk saja, tapi juga dalam strategi pemasaran. Mereka telah memiliki website usahanya (benningfood.wordpress.com) yang merangkum profil usaha, produk, pelatihan yang ditawarkan, dan peluang untuk bermitra. Meski dirasa Kristiawan belum optimal, tapi mereka mampu menjaring beberapa pelanggan dan agen.

Selengkapnya baca di majalah TROBOS AQUA edisi 15 April – 14 Mei 2013

 

Permalink.

Maret 27, 2010

2 thoughts on “Liputan Majalah TROBOS

    • benningfood Post authorReply

      Terimakasih atas komentarny Pak Imam Subarkah,
      Silakan ikuti prosedur kami di bagian kemitraan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *